Diberdayakan oleh Blogger.

7 Des 2012

Tag:

Keuntungan dan Kerugian Tempat Penyimpanan Data/File

Seringkali kita mempunyai file yang amat penting dan harus kita jaga dengan sebaik-baiknya, entah itu sejenis skripsi, data dari kantor, foto-foto yang memorable, data lagu ciptaan/demo ataupun karya-karya dalam bentuk multimedia misalnya. Faktanya tidak ada tempat menyimpan data (storage) yang 100% aman, tapi setidaknya setelah membaca artikel ini, Anda bisa memilih dimana seharusnya Anda menjaga data-data Anda. Yakinkah dengan tempat menyimpan data Anda sekarang? Dari beberapa kasus kehilangan data penting, saya pernah terpikir keuntungan dan kerugian di tempat/device tertentu, flashdisc, CD, hardisc misalnya. Mari kita simak:
1. Flashdisc/Flashdisk/Flashdrive/FD/Pendrive/USB

Barangkali ini adalah tempat menyimpan data paling populer, pengunaanya yang praktis membuat flashdisc digunakan banyak orang terutama untuk tujuan edukasi dan juga pertukaran data. Tinggal mencolokan pada slot USB di komputer, maka terbukalah ruang untuk Anda menyimpan data. Mungkin sama halnya dengan disket ( Floppy), namun disket kini jarang lagi digunakan. 
Keuntungan: 
  • Praktis dan mudah pengunaanya, prosedur penggunaanya dikenal luas oleh banyak orang.
  • Dikenal dan dimiliki banyak orang, hampir setiap orang di bidang edukasi, hiburan, kantoran dsb. punya benda ini, sehingga mudah digunakan untuk pertukaran data.
Kerugian:
  • Benda mudah hilang, ukuranya yang kecil memungkinkan benda ini gampang jatuh, lupa ditaruh, tertutup-tutupi barang lain jika terkadang kita kurang cermat menjaganya.
  • Rentan Virus, terutama jika sering di gunakan di PC/Laptop yang berbedza, flashdisc menjadi sarana bertukar Virus jika komputer yang lainya sudah terjangkit virus. Dikhawatirkan ada tipe virus yang "memakan" data Anda sehingga menyebabkan data Anda terhapus atau tidak bisa dibuka.   

2. Hardisc/Hardisk External dan Internal


Hardisc tentunya dapat memuat data jauh lebih banyak dari Flashdisc, beratus-ratus Gigabyte bahkan sampai Terabyte. Tapi dibalik itu, disini bukanlah tempat teraman untuk menyimpan data.

Hardisc External 
Tempat penyimpanan data yang besar juga praktis (portable), penggunaanya kurang lebih sama dengan flashdisc juga dilengkapi dengan utilities yang mendukung kenyamanan Anda menyimpan data. Beberapa model hardisc external yang tahan banting. Biasanya benda ini juga dilengkapi dengan tombol yang tujuanya adalah untuk membuat lebih formatting praktis. Disinilah Anda harus berhati-hati, jika tidak sengaja terpencet Anda sendiri/orang lain data Anda akan hilang begitu saja. Belum lagi jika rusak secara fisik atau hilang.

Hardisc Internal
Hardisc Internal bersatu dengan komputer/laptop sehingga bisa terhubung dengan anti-virus yang terpasang di komputer, Anda bisa memastikan file yang ada di dalamnya aman. Begitupun sebaliknya, jika vrius menyerang, file yang ada di hardisc internal mungkin terkontaminasi dan tidak lagi aman. Kemungkinan lainya jika komputer/laptop rusak atau mati total maka data yang ada di dalamnya tidak bisa digunakan dan hanya bisa diselamatkan dengan dipindahkan ke komputer lain.
  
3. CD(Compact Disc) dan DVD-ROM

CD/DVD-ROM mudah dibawa dan penggunanya hampir diketahui semua orang. Harganya relatif murah untuk sekadar 700MB dan 4.7GB dan jarang membawa virus. Jika file bervirus akan diburn, maka akan sendirinya ditolak untuk diwrite ke CD/DVD-ROM. Ini biasanya memastikan CD/DVD-ROM dari virus. Disamping itu, cara penyimpananya yang memakan waktu dan hanya sekali pakai membuat beberapa orang malas menggunakan benda yang satu ini. Lagi, benda ini mudah patah. Jika terkena sinar matahari atau terlalu banyak gurisan di bagian belakang Anda, maka itu akan memungkinkan file didalamnya rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

4. Layanan Berbagi-pakai dan penyimpanan di Internet (Online Filesharing and Storage)


Saya yakin banyak dari Anda yang mengetahui 4shared, MediaFire, Rapidshare dsb. Disini bisa Anda jadikan tempat untuk menyimpan data yang cukup aman. Jangan takut data Anda akan tersebar, kerana setiap layanan ini menyediakan privasi untuk setiap file. Anda bebas memilih apakah file akan dishare atau hanya bisa di akses oleh Anda sendiri. Tetapi layaknya, disini adalah tempat menyimpan back-up/data cadangan.

Penggunanya tentu lebih sulit dari ketiga items yang telah disebutkan. Untuk menyimpan data disini, Anda harus melalui proses upload/unggah dan untuk mengambilnya Anda harus melalui proses download/unduh. Ini kadang memakan biaya/quota internet. Ruang yang diberikan layanan ini juga kadang terbatas baik pengguna gratis (Free Account) ataupun yang berbayar (Premium Account).

Kemungkinan terburuk menyimpan data disini apabila seseorang memakai akun Anda untuk tujuan tidak baik yang berkaitan dengan data yang ada di dalamnya, entah itu hacking atau Anda lupa log-out di warnet/komputer dengan pengguna lebih dari satu. Juga, apabila layanan berbagi-pakai yang Anda pakai tutup, biasanya kerana pelanggaran hak cipta seperti halnya Megaupload. Jangan khawatir, hal ini jarang terjadi. Maka jika ingin menggunakan yang ini, pilihlah layanan berbagi-pakai yang terpercaya menurut Anda.


Berhati-hatilah menyimpan data, terkadang data bisa menjadi hidup dan mati Anda. Moganya artikel ini dapat menghindarkan kita dari kehilangan yang tidak diinginkan pada data Anda. Terima Kasih telah membaca. Semoga bermanfaat.

Mengenai Restu Bias Primandhika

Halo, Saya Restu, seorang insinyur multimedia yang kini juga aktif dalam ranah pendidikan bahasa. Bermusik adalah hobi saya hingga sekarang. Selain itu, saya mempunyai ketertarikan di bidang videography, fotografi dan desain. Disinilah tempat saya berbagi seni visual, musik dan segala pemikiran saya.

4 Komentar:

  1. Nice post sob...

    Btw, Hatur nuhun tos follow blog sim kuring & blog sobat oge tos di follow balik...

    Salam kenal & salam berbagi sob...

    BalasHapus
  2. makasih loh gan ,bermanfaat banget artikelnya ^^
    www.rajalistrik.com

    BalasHapus

 

Sponsor